Sunday 19 August 2018

Distro Linux untuk pemula



Mintacodes - Distro Linux untuk pemula, halo sobat balik lagi sama mimin nih yang mau berbagi ilmu mengenai seputar distro linux menurut versi mimin wehehehe, oke langsung aja kita bahas Distro Linux untuk pemula. Buat kalian para pengguna baru Sistem Operasi Linux tentu kebingungan dengan memilih beberapa Distro Linux karena banyak banget Distro Linux yang tersedia, buat kalian yang belum tau apa itu Linux.? bisa dilihat disini.
Sebelum mimin kasih rekomendasi Distro Linux buat kalian, kalian juga harus menyesuaikan Distro Linux dan Desktop Environment yang mau kalian pakai dengan spesifikasi Komputer atau Laptop kalian yah, kalo salah pilih nanti bisa jadi Jones Abadi :D ya enggak lah. mimin sendiri pake Laptop "Compac Presario CQ40 dengan RAM 2GB, HDD 250GB, Processor 2.20Ghz" sedih yah spek Laptop mimin :(, nah jika kalian mempunyai Komputer atau Laptop dengan Spesifikasinya mirip punya mimin jangan galau masih bisa pake Distro Linux ko yang ramah dengan Komputer atau Laptop kalian yang spesifikasinya minim, langsung aja mimin kasih rekomendasi nih Distro Linux buat kalian.

1. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan pada Sesama" makanya logo Ubuntu seperti orang yang lagi berpelukan jadi gemes pengen meluk kamu :D, selain itu Ubuntu juga di rancang untuk kepentingan pengunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah di pakai secara luas, termasuk indonesia banyak banget nih yang ngefans sama Distro Linux yang satu ini.
Ubuntu dilengkapi dengan berbagai varian Desktop Environment, diantaranya yang paling terkenal adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE. nah buat kalian yang mau pake Distro Linux yang satu ini tapi spesifikasi Komputer atau Laptopnya rendah mimin rekomendasiin pake Desktop Environment yang Xfce atau LXDE, karena dua Desktop Environment tersebut sangat ringan dan mudah untuk digunakan buat kalian yang baru mengenal Linux.

2. Linux Mint

Linux Mint merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan Ubuntu dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai sesuatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan di Linux Mint. Walaupun inti dari Linux Mint berbasis Ubuntu, Linux Mint  hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
Distribusi ini di buat oleh Clement Lefebvre, dan di kembangkan secara aktiv oleh tim dari Linux Mint maupun komunitas yang ada di dalamnya.
Linux Mint dilengkapi dengan berbagai varian Desktop Environment yang bisa memanjakan kalian nih, Linux Mint menyediakan Desktop Environment yang keren - keren seperti Cinnamon, Mate dan Xfce. Nah kalo mimin sendiri pakai "Linux Mint 19 TARA dengan Desktop Environment Xfce" tapi mimin install Desktop Environment yang Cinnamon ko biar gak bosen wehehe :D, Distro Linux ini cocok juga loh buat kalian yang baru mengenal Linux selain Simpel dan Elegan Distro Linux ini juga super ringan menurut mimin sih itu juga, kalian bisa mencoba Distro Linux lain sesuai selera kalian tentunya.

3. Elementary OS


Elementary OS merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Ubuntu, Distro Linnux yang satu ini menggunakan Desktop Managernya sendiri yang bernama Pantheon dan integrasi dengan applikasi bawaan Elementary OS lainya seperti Plank (sebuah dock-bar berbasiskan Docky), peramban web Midori, dan Scratch (Text Editor sederhana). Distro Linux ini menggunakan Gala sebagai Windows Managernya, yang berbasiskan pada Mutter Windows Manager. Distro Linux ini bermula dari sepaket tema dan aplikasi-aplikasi yang di tujukan untuk Ubuntu, namun berubah fungsi menjadi Distro Linux sendiri.
Sebagai turunan dari Linux Ubuntu, Distro Linux ini juga kompatibel dengan repositori dan paket-paket milik Ubuntu. Distro Linux ini juga software center milik Ubuntu untuk menangani pemasangan dan pencopotan perangkat lunak, meskipun software center elementary sendiri sedang dalam pengerjaan. Tampilan antar mukanya dibuat agar terlihat inituif bagi pengguna-pengguna baru tanpa menggunakan banyak sumber daya dan dengan desain yang serupa dengan Sistem Operasi OS X dari Apple.

4. BlankOn Linux


BlankOn merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian yang di kembangkan oleh tim pengembang BlankOn Indonesia wow ini Distro Linux terkece parah mamen :D paptut kita apresiasi masih banyak orang pintar di Indonesia yang mau mendonasikan ilmunya secara cuma-cuma buat kalian, iyah kalian :D Distro Linux yang satu ini mendapatkan dukungan dari Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).
Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn dikembangkan dengan dukungan multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd. BlankOn didesain dengan tampilan grafis dan tema yang menampilkan ciri khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka kepada publik. Kegiatan pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali dalam setahun.
BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain. BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi). 
Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia. BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap perangkat lunak proprietary.

Sekian Distro Linux untuk pemula yang mimin rekomendasiin buat kalian, pada dasarnya apapun Distro Linux yang kalian pilih harus sesuai dengan spesifikasi dan selera kalian yah dan jangan terpaksa karna mimin gak baik wehehee, oke sekian dulu yah dari mimin sampai jumpa di artikel selanjutnya semoga artikel ini bisa membantu kalian yang galau milih dia :( Distro Linux maksudnya :D

Labels: ,

4 Comments:

At 19 August 2018 at 23:56 , Blogger Suparli said...

Minyak

 
At 20 August 2018 at 02:05 , Blogger mintacodes said...

terimakasih telah berkunjung ke blog receh kami. saya acungkan jari tengah buat anda 😃

 
At 20 August 2018 at 20:16 , Blogger Suparli said...

kali linux ga di bawa bang , biar kaya heker heker gitu bang , pliss ajarin ngehek plis bang plis plis plis plis

 
At 20 August 2018 at 21:31 , Blogger mintacodes said...

Ini di tujukan kepada pemula, kalo kali linux buat yg pro :V
boro" jadi heker password fb lupasandi aja saya panik :V

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home