Tuesday 21 August 2018

Belajar membuat website menggunakan html5


Mintacodes - Belajar membuat Website menggunakan HTML5, oke brada and sista balik lagi sama mimin, seperti yang mimin janjikan di artikel sebelumnya kali ini mimin mau bagi tutorial bagaimana caranya membuat Website menggunakan HTML5, buat kalian yang belum tau apa itu HTML5 bisa di lihat disini.

Oke sebelum lanjut ke pembahsan utama langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat website dengan menggunakan HTML5 yaitu, siapkan kopi / susu dan cemilan sesuai selera :D biar fokus belajarnya. Pertama siapkan aplikasi text editor bisa menggunakan Notepad, Notepad++, Sublim Text 3, atau Visual Studio Code sesuai selera kalian tentunya, kalo mimin pakai Visual Studio Code, tapi mimin saranin Notepad++ aja kalo buat brada and sista yang baru belajar, bisa kalian cari di Google.

Langkah pertama

Oke untuk langkah pertamanya adalah buat folder baru dengan nama "html5" tanpa tanda kutip yah, simpan di folder yang kalian mau, atau bisa kalian simpan di folder Document.

Langkah kedua

Buka aplikasi text editor kalian lalu klik File > Open Folder.

Setelah itu lalu pilih folder yang kita kalian buat tadi yaitu "html5".

Langkah ketiga

Buat file baru di dalam folder "html5" klik New File.

Beri nama file tersebut dengan nama "belajarhtml5.html" jangan lupa formatnya ".html" yah, kalian juga bisa memberi nama file tersebut dengan nama lain misal "contoh.html".

Langkah keempat

Oke jika sudah membuat file berformat ".html" selanjutnya kita akan menuliskan script HTML5-nya di dalam file "belajarhtml5.html", ketik scriptnya seperti di gambar berikut.

Langkah kelima

Jika kalian sudah menuliskan scriptnya seperti gambar di atas lalu save atau tekan tombol CTRL+S, setelah itu buka file yang kalian buat tadi di dalam folder "html5" file tersebut yaitu "belajarhtml5.html" bisa kalian buka menggunakan browser yang kalian suka. Maka hasil script yang kalian tulis tadi akan tampil di browser seperti di gambar berikut.

Taraaa :D jika penulisan scriptnya benar maka hasil akan tampil seperti gambar di atas, nah jika tidak sesuai dengan gambar di atas berarti script kalian ada yang salah atau kurang penulisan cek lagi apakah ada salah penulisannya, kalian ulik sendiri yah :D sedikit penjelasan dari mimin biar kalian gak bingung nih.
<html> menyatakan pada browser bahwa dokumen web yang di gunakan adalah HTML, <head> kepala dari dokumen HTML, <title> judul dari dokumen html yang ditampilkan pada judul jendela browser, <body> tag untuk menampilkan isi domkumen HTML, <meta charset="utf-8" /> rangkaian kode HTML yang biasa di gunakan untuk mempermudah google dan browser untuk mengidentifikasi. oke kita lanjut brada and sista belajar HTML5-nya.

Membuat List

Jika kalian sudah faham dan bisa mengikuti tutorial seperti di atas sekarang kita lanjut dengan cara membuat list di HTML5, ketik script seperti yang ada di gambar di bawah ini.

Buka di browser kalian jika berhasil akan tamlpil sama seperti gambar di bawah ini.

Gimana kalian udah bisa dan faham nih belajar HTML5nya.? ☺ untuk tutorial belajar membuat Website menggunakan HTML5nya sekian dulu yah ☺ nanti mimin kasih atribut-atribut HTML5nya buat referensi dan ngulik-ngulik sendiri ☺ tunggu tutorial selanjutnya yah bakalan lebih seru dan di jamin gak bakal bosen buat belajar HTML5.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home